Santapan Malam Minggu Eps #1

Rate this post:
{[['']]}

Okay guys! Ini adalah peluncuran Santapan Malam Minggu Episode pertama. Harapannya sih di artikel awal ini, bisa membuat kita semakin mau mengenal Tuhan Yesus. Bukan hanya mengenal, tapi mau menjadi nelayan bagi Tuhan yang mau menjadi terang di antara lingkup yang gelap. Daripada malam minggu, malam mingguan bersama orang lain, mending malam minggi bersama Tuhan Yesus. Benar? :-D Please enjoy guys! :-)

Untuk episode pertama ini, aku akan membahas tentang cara pertama bagaimana kita bisa menjadi terang bagi Tuhan. Emm cukup bingung juga sebenarnya apa tema pertama yang bagus untuk di bahas. Hanya saja sekarang lingkup kita bukan di antara orang-orang yang satu iman dengan kita. Dan, itulah pokok permasalahannya.

Banyak anak remaja yang mau menjadi terang Tuhan, tapi tidak tahu apa cara pertamanya. Sebenarnya, cara awal yang harus kita lakukan itu adalah berawal dari diri kita bersama Tuhan Yesus. Mengapa seperti itu? (ala Bapak Pendeta)

Logikanya seperti ini (ala daniel), mana mungkin kita jadi terang, kalau kita sendiri tidak tahu terang itu sendiri seperti apa? Sebuah hal yang belum kita ketahui, tapi kita bilang "itulah aku" itu tidak mungkin bisa. Maksudnya, kita itu tidak mungkin menjadi terang, kalau kita sendiri tidak tahu terang itu ASALnya dari siapa?

Yang pertama kali menjadi terang di dunia itu adalah Tuhan Yesus sendiri saat Ia dilahirkan ke dunia. Perlu bukti?
Yohanes 9:5 "Selama Aku di dalam dunia, Akulah terang dunia"
Nah, yang menjadi awal terang dunia adalah Tuhan Yesus itu sendiri. "Tapi kan Tuhan Yesus sudah di salibkan, dan dikuburkan, kemudian bangkit di antara orang mati, duduk di sebelah kanan Allah Bapa. Terus, yang menjadi terang itu siapa?"

Yang menjadi terang tetaplah Tuhan Yesus. Hanya saja, ia menunggu orang yang mau menjadi cabang dalam perusahaanNya. Kita tidak mungkin bisa menjadi terang juga, kalau kita belum mengenal siapa pemilik perusahaannya. Dan kita tidak mungkin bisa menjadi terang, kalau kita belum di percayai oleh bosnya sendiri. So, cara agar kita bisa menjadi terang adalah, kenali Tuhan lebih lagi. Terima Ia menjadi penguasa tunggal di dalam hidup kita, agar kita dapat menjadi terang Tuhan.

Tapiiii, kalau kita sudah terima Tuhan, apa kita sudah menjadi terang? Belum bro! Agar kita menjadi terang, hal pertama adalah bagaimana kita bisa mengeluarkan terang itu sendiri dari diri kita. Cara awal agar kita bisa mengeluarkan terang itu sendiri adalah, kita harus bisa mengendalikan mata kita. Loh ko?? Apa urusannya sama mata?? (pasang muka histeris)

Karena mata adalah pelita tubuh kita. seperti yang sudah tertulis di dalam buku perjanjian Allah.
Matius 6:22 "Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu;"
Penyebab mengapa mata dulu yang harus kita rubah? Karena segala sesuatu berasal dari mata kita. Apa yang kita lakukan, itu yang akan terekam di pikiran kita. "tapi kan tidak semua yang kita lihat adalah baik adanya. Kalau tidak sengaja melihat hal yang tidak baik bagaimana?" 
Itulah fungsi terang itu. Terang bukan saja menerangi jalan hidup kita. Tapi juga menerangi segala sesuatu yang gelap.

So, intinya, jadilah terang itu dengan cara terimalah Tuhan Yesus sebagai juru selamat kehidupanmu. Jaga matamu, karena mata adalah pelita hidupmu. Agar kita dapat menjadi terang dunia, sehingga setiap orang yang melihat terang yang berasal dari kita, bukan melihat betapa hebatnya diri kita, tapi betapa luar biasanya Tuhan kita.

"Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan" -Yohanes 12:46-